Penting, 29 Fokus Pembaharuan Dapodikdasmen Versi 2018 Terbaru

Berikut ini adalah hal-hal penting dalam Dapodik sudah cukup jelas sesuai panduan yg tersedia terdapat 29 jenis pembaharuan. Dalam kesempatan ini penulis hanya mencoba untuk sharing 4 fokus pemaharuan dalam aplikasi Dapodik versi terbaru 2018 yaitu masalah: 1) Penambahan menu Jadwal pembelajaran, 2) Sarana dan prasaran, 3) Mapping blogrand,  4) Referensi Kepala Sekolah menjadi tugas utama dan 5) Referensi Nilai Tes UKG guru.

1. Penambahan menu Jadwal pembelajaran.
Plotting/Penempatan urutan waktu sesuai dengan alokasi jumlah jam mengajarar pada pembelajaran. Jadwal pembelajaran pada aplikasi Dapodik mencakup pemetaan jumlah jam mengajar guru di pembelajaran sesuai dengan hari dan urutan jam pembelajaran tersebut diselenggarakan.

2.Sarana dan Prasarana
Isian secara otomatis untuk sarana yang berada dalam prasarana jenis Ruang Kelas/Teori. Permendikbud 24 tahun 2007 tentang sarana yang seharusnya dimiliki pada Ruang kelas/teori, pada saat akan mengisi data sarana pada ruang teori/kelas muncul notifikasi. Sarana yang seharusnya tersedia pada aplikasi dapodik ditandai dengan warna merah pada tabel sarana contohnya:
untuk mengisi data sarana tersebut lakukan langkah sebagai berikut :

  • pilih simpan, maka semua sarana yang berwarna merah akan tersimpan.
  • isi data jumlah dan kelaikan sarana
  • apabila terdapat sarana yang belum dimiliki, hapus data sarana tersebut, maka sarana tersebut akan kembali ditandai merah. Hal ini menunjukkan bahwa sarana tersebut seharusnya tersedia namun belum dimiliki oleh sekolah.


3. Mapping Blogrand 
Dalam aplikasi dapodik versi 2018 operator sekolah dapat melakukan mapping penggunaan dana blokcgrant untuk Prasarana, jika isian mapping dilakukan pada menu isian blockgrant operator tidak perlu melakukan pengisian kembali pada sarpras dihasilkan blockgrant.


4. Penambahan referensi Kepala Sekolah menjadi tugas utama.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2017, mulai awal tahun ajaran baru 2017/2018 kepala sekolah memiliki beban kerja sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Maka, pada aplikasi dapodik terbaru versi 2018 mengakomodir hal tersebut dengan adanya jenis PTK Kepala Sekolah.

5. Penambahan referensi UKG untuk data rincian Nilai/Test pada 
PTK.
Penambahan referensi UKG pada nilai test untuk guru yang mengikuti Uji Kompetensi Guru. Referensi ini ditambahkan untuk mengakomodir kelengkapan data guru dalam proses pemanfaatan data di direktorat teknis

Untuk lebih jelas dan lengkapnya terkait dgn Pembaharuan Dapodikdasmen terbaru 2018 dapat anda Download DISINI....!!

Post a Comment

2 Comments

Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?