Jurnal Kepala Sekolah dan Guru 2017

Agenda pembahasan Jurnal harian pembelajaran kelas dan jurnal harian kepala sekolah dalam menjalankan tupoksi manajerial pada satuan pendidikan. Yuk kita simak bersama. 

Jurnal Pembelajaran/kelas adalah  laporan harian guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang dibuat oleh setiap guru kelas maupun guru mata pelajaran sebagai catatan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan di kelas. Jurnal pembelajaran/kelas akan sangat berguna untuk program evaluasi dalam kegitan pembelajaran di kelas dalam kesehariannya segingga proses  dapat dilaksanakan secara terukur sehingga akan sangat efektif dan membantu guru dalam mengingatkan sampai dimana proses kegiatan pembelajaran telah dilaksanakan. 

Jurnal Pembelajaran Harian Kelas sebagaimana yang sering dilihat oleh penulis semenjak duduk dibangku sekolah sekitar tahun 1999, jurnal pembelajaran di kelas terdiri dari:
1. Nomor Urut
2. Hari Tanggal Bulan dan Tahun
3. Materi Pokok Pembelajaran
4. Indikator Kegiatan
5. Penilaian
6. Tanda Tangan Guru
7. Keterangan

Jurnal pembelajaran sekarang tidak jauh beda dengan jurnal jurnal pembelajaran tahun sebelumnya. Jurnal pembelajaran sekarang berisi daftar hadir siswa  yang berisi nama, jenis kelamin, tanggal dan jumlah absensi sakit, izin dan alfa serta pembelajaran ke berapa contohnya pembelajaran ke 1, ke 2 dan seterusnya. Selanjutnya nama mata pelajaran yang diajarkan, nama guru, materi atau bahan ajar, Kegiatan yang dilaksanakan dan tanda tangan. Jurnal pembelajaran ditanda tangani oleh guru setiap hari dan mengetahui kepala sekolah. Lalu bagai mana dengan bentuk jurnal kepala sekolah dalam menjalankan tugas manajerial...!!!
Menarik untuk di baca bagaimana sih bentuk Jurnal Kepala Sekolah dalam menjalankan tugas manajerial disekolah karena sekarang inikan kepala sekolah tidak wajib mengajar. Lalu bagaimana bentuk jurnal yang harus diisi, mari simak bersama berikut ini adalah: Contoh Jurnal Harian Kepala Sekolah terdiri dari :
1.Nama Kepala Sekolah di magrib kanan
2.,Nama Sekolah
3. Bulan
Selanjutnya pada bagian kolom terdiri dari
1. Hari / Tanggal waktu
2. Uraian Kegiatan
3. Target
4. Hasil yang dicapai
5. Keterlibatan
6. Catatan/keterangan
7. Paraf
Sahabat pengunjung dapat mendownload contoh format jurnal kepala sekolah disini
Jurnal Kepala Sekolah


Post a Comment

0 Comments