Penguatan Kemitraan Keluarga Sekolah dan Masyarakat

Keluarga merupakan salah satu dari trisentra pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat dan merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama. Interaksi dengan orang tua serta lingkungan memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk karakter dan kematangan dalam perkembangan pendidikan anak. Orang tua sebagai elemen terdekat pada anak memiliki peran sentral dalam membentuk perilaku diri seorang anak ketika akan berinteraksi dengan lingkungannya.
Sistem keluarga yang stabil dan kuat akan memberikan pengaruh positif dalam kecakapan hidup ketika berinteraksi dengan lingkungan luar. Berapa pentingnya pola pengasuhan orang tua terhadap anak sehingga para orang tua dituntut untuk terus mencari pola pengasuhan yang lebih efektif  lagi dalam mempersiapkan diri gua mewujudkan pola pendidikan yang lebih baik lagi.

Kemitraan orangtua merupakan "prinsip pendekatan umum untuk melibatkan orangtua dalam mengambil keputusan tentang pihaknya, anaknya, pelayanan yang diharapkan diperoleh dan yang dapat diberikan oleh pihaknya dan masyarakat",(Direktorat Pendidikan Keluarga PNF, 2015:2)

Penguatan pendidikan keluarga sangat penting untuk menumbuhkan kembangkan keluarga yang berkualitas. Keluarga yang berkualitas dapat tercapai apabila terjadi proses penumpukan komunikasi dan interaksi serta transformasi nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dicitacitakan keluarga dengan didasari adanya landasan yang kuat terhadap nilai nilai agama, kesehatan dan gizi, pendidikan dan budaya, ekonomi dan lingkungan sosial serta fisiknya.
#SahabatKeluarga

Post a Comment

2 Comments

Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?