Teknik Menghapus Data SARPRAS Dapodik 2018

Salah satu masalah yang dihadapi operator adalah bagaimana mengatasi masalah data Sarpras yang akan dihapus, dimana kadang-kadang OPS bimbang dalam mengambil kebijakan entri data bidang sarana dan prasarana yang ada di aplikasi Dapodik 2018 ternyata di sekolah tersebut sudah tidak ada lagi. 

Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan pembongkaran, dan atau dipindahtangankan maupun karena koreksi atau hapus data yang disebabkan karena ada kesalahan dalam mengisi Sarpras dalam aplikasi Dapodik sebelumnya. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara rekan rekan operator menghapus data Sarpras yang pada tombol 'Hapus' -nya terkunci tersebut yang biasanya data Sarpras tersebut dientry pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya. 

Dalam kesempatan ini penulis mencoba untuk berbagi cara hapus data Sarpras dapodik 2018, Langkah pertama silahkan klik salah satu tombol Sarpras yang akan dihapus karena salah satu alasan sebagaimana diuraikan diatas. Lalu Klik pada  menu 'Hapus Buku' di bagian atas pada halaman Sarpras di aplikasi Dapodik versi 2018. Selanjutnya pilih salah satu dari pilihan sebab dari dihapuskannya Sarpras tersebut salah satu dari beberapa pilihan berikut berdasarkan keadaan yang sebenarnya, seperti sarana sudah rusak / dibongkar, dipindahtangankan, maupun karena kesalahan entri pada data sebelumnya. Selanjutnya masukkan tanggal, bulan dan tahun mulai dari Sarpras tersebut tidak ada atau pada saat di mana Anda menemukan kesalahan sehingga perlu dihapuskannya Sarpras tersebut selanjutnya anda klik pada tombol "Simpan".

Catatan : Perlu diingat bahwa operator tugasnya hanya melakukan mengentri, jika akan melakukan hapus data Sarpras karna ini barang merupakan aset negara maka harus harus mendapat persetujuan dari penanggung jawab dalam hal ini kepala sekolah yang ditunjukkan dengan bukti autentik bahwa Sarpras tersebut memang sudah tidak ada. 

Post a Comment

0 Comments