Kiat Sukses Bersama Kisi Kisi US Jenjang SD/MI tahun Pelajaran 2018

Kisi-kisi merupakan sebuah materi yang berisikan informasi yang dijadikan rujukan dalam membuat standar soal yang akan diujikan. Jadi, soal Ujian Sekolah 2017-2018 yang akan diujikan di tingkat SD/MI dan seterunya tidak terlepas atau tidak melenceng dari kisi-kisi yang diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan.Kementerian pendidikan dan kebudayaan telah merilis atau meluncurkan kisi-kisi soal ujian sekolah untuk SD/MI tahun 2017-2018 yang bisa Bapak atau Ibu segera unduh. Kisi-kisi soal Ujian Sekolah (US) untuk SD/MI tahun 2017 terdiri beberapa kompetensi yang dijabarkan menjadi beberapa indikator. Ujian sekolah tahun 2017-2018 tentunya tetap menggunakan materi sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13). Sehingga sangat baik sebagai panduan atau uji coba untuk anak-anak kita seberapa jauh kemampuan yang dimilikinya.
Kiat Sukses Bersama Kisi Kisi US/MI tahun Pelajaran 2018

Ujian Nasional (UN) Tahun pelajaran 2017/2018 akan tetap dilaksanakan pada tahun 2018. Penyelenggaraan UN tahun 2018 akan diselenggarakan dengan beberapa perubahan, diantaranya dalam hal bentuk soal ujian nasional (UN).Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Kemendikbud Totok Suprayitno menyatakan bahwa model UN 2018 akan diperbaiki lebih baik dari tahun ini. Kualitas soal UN akan ditingkatkan, lebih ke berpikir kritis (esai). Soal pilihan ganda dikurangi. Essai kemungkinan besar juga bisa dipakai dalam UN, bukan hanya USBN (ujian sekolah berstandar nasional). Jika Ujian Nasional (UN) merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Soal UN 100% disiapkan oleh Kemendikbud. Serta soal dan pengaturannya berdasarkan pada Kisi-Kisi dan POS UN. 

Selanjutnya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan satuan pendidikan untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar. Soal USBN terdiri dari: 20-25% yang disiapkan oleh Kemendikbud (catatan: untuk mata pelajaran Pendidikan Agama disiapkan oleh Kemenag atau Kementrian Agama) dan 75-80% dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Serta soal dan pengaturannya berdasarkan pada Kisi-Kisi dan POS USBN. 

Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI tahun 2017-2018 ini mencakup pada tiga mata pelajaran yaitu
  • Kisi-kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI Bahasa Indonesia tahun 2017-2018
  • Kisi-kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI Matematika tahun 2017-2018
  • Kisi-kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI IPA tahun 2017-2018
Degan demikian disarankan untuk Bapak dan Ibu Guru serta Orang Tua murid untuk segera mengunduh kisi-kisi yang mencakup ketiga mata pelajaran tersebut. Perlu anda ketahui bahwa dengan mendownload kisi-kisi soal Ujian Sekolah 2017 SD/MI dan sederajat ini, Anda dapat segera memanfaatkan kisi-kisi soal tersebut sebagai acuan untuk mengajarkan materi pelajaran yang sesuai kisi-kisi kepada peserta didiknya.

Kisi-kisi US SD/MI tahun 2017-2018 dapat di unduh disini:KISI KISI US SD/MI TAHUN 2018 atau disini KISI KISI US

Post a Comment

0 Comments