Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR

Salah satu tujuan pembangunan nasional Indonesia yang termuat di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, jalan yang ditempuh pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui pembangunan di sektor pendidikan dengan berpedoman kepada Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasonal, di sebut pada BAB 2  Pasal 3 yang menyatakan bahwa “pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Tujuan pembangunan Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan masih membutuhkan perbaikan kualitas, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperbaiki komponen-komponen sekolah.Dalam hal ini, pendidik (guru) harus mempunyai keinginan untuk selalu memperbaiki serta mencari metode belajar mengajar yang sesuai dengan situasi, kondisi dan tujuan pembelajaran. Untuk itu, guru dituntut menggunakan metode yang mampu mengajarkan peserta didik agar belajar secara aktif dan mandiri.

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam penuntasan pembelajaran, diharapkan dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran dengan baik. Ciri-ciri metode yang efektif adalah mengundang rasa ingin tahu murid, menantang murid untuk belajar, mengaktifkan mental, fisik, dan psikis murid, memudahkan guru, mengembangkan kreativitas murid, mengembangkan pemahaman murid terhadap materi yang dipelajari.

Kegiatan belajar mengajar disekolah saat ini khususnya pada mata pelajaran IPS Ekonomi masih terpusat pada guru. Guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga siswa bersikap pasif dan hanya menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan metode konvensional, siswa tidak dapat mengembangkan aktivitas dan kreativitasnya. Disamping itu, kegiatan belajar mengajar menjadi berdampak negatif  bagi siswa karena  kebebasan siswa untuk berfikir yang lebih tinggi dalam menyelesaikan materi pelajaran tidak sesuai dengan kemampuan, sikap dan minatnya menurun karena guru hanya mengarahkan agar siswa memecahkan materi pelajaran dengan cara atau pola yang sudah ditentukan, sehingga mereka hanya memiliki satu cara dalam memecahkan materi pelajaran yang menyebabkan hasil belajar IPS Terpadu siswa menjadi rendah.

Berdasarkan hasil observasi maupun wawancara peneliti dengan guru IPS di Mts XXXX khususnya kelas VII dapat diketahui bahwa aktivitas siswa dalam proses belajar di sekolah masih rendah. Hal ini terlihat dari kurangnya interaksi atau hubungan komunikasi timbal balik antara guru  dan siswa pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar, karena siswa kurang siap dalam mengikuti pembelajaran pada setiap pertemuan. Hal ini disebabkan karena sebagian besar siswa tidak mempelajari materi yang akan dibahas sebelumnya. Di samping itu, metode  dan strategi yang digunakan oleh guru masih kurang memberdayakan siswa, sehingga siswa kurang merasa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya IPS Ekonomi.

Pada mata pelajaran IPS Ekonomi di Mts XXXX  memliki standar ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75. Secara umum rata-rata hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu  masih rendah yaitu 65. Nilai rata-rata ini jika dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan kurikulum,masih berada di bawah standar ketuntasan yang diharapakan.  Berdasarkan uraian latar belakang masalah, maka rumusan masalah yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran TANDUR berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII MTs XXXX Tahun Pelajaran 2016/2017?.

Untuk menghindari adanya salah pengertian atas judul penelitian ini, maka penulis memberikan batasan masalah Yang terdiri dari subjek dan objek penelitian  yang dimana sebagai berikut :
  1. Obyek penelitian dibatasi pada pengaruh strategi pembelajaran TANDUR terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu di Mts XXXX kelas VII Tahun pelajaran 2016/2017
  2. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts XXXX Tahun Pelajaran 2016/2017.
  3. Pencapaian hasil belajar atau prestasi siswa dibatasi pada ranah kognitif (Nilai Ulangan Harian
  4. Materi pembelajaran yang dibahas dibatasi pada materi Ekonomi makro dan mikro.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran TANDUR terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di Mts XXXX  Tahun Pelajaran 2016/2017?.
Adapun Manfaat Penelitian.
  • Manfaat Teoritis 
  1. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran.
  2. Dapat memperkaya khasanah ilmu pendidikan khususnya informasi tentang pengaruh strategi pembelajaran TANDUR terhadap  hasil belajar.
  • Manfaat Praktis
  1. Bagi Guru, Sebagai pedoman bagi guru dalam memilih strategi yang cocok khususnya pada pembelajaran IPS Terpadu.
  2. Bagi Siswa, Siswa menjadi aktif dalam mencari informasi sendiri tanpa dibantu   oleh guru, Siswa aktif bertanya dan menyampaikan pendapat dalam pembelajaran
  3. Bagi Sekolah, Memberikan informasi baru yang baik untuk sekolah dalam rangka perbaikan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan  hasil belajar siswa
Sistematika penulisan dalam penyusunan  skripsi terdiri dari:
1.1.1 BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini berisi tentang latar belakang,  perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
1.1.2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini menjelaskan tentang definisi operasional , penelitian yang relevan, landasan teori, kerangka konseptual, dan perumusan hipotesis.
1.1.3 BAB III METODE PENELITIAN
Bab ini membahas tentang pendekatan dan jenis penelitian, populasi dan sampel, data penelitian, variabel penelitian, dan metode analisis data.
1.1.4 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang gambaran umum lokasi penelitian, statistik deskrftif, analisis data, pengujian hipotesis dan pembahsan hasil penelitian
1.1.5 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini membahas tentang kesimpulan dan saran

Post a Comment

0 Comments