Persyaratan UNBK SMP/MTs/SMA/MA/SMK/Kesetaraan Paket A,B dan C terbaru

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) jenjang pendidikan SMP/MTs/SMA/MA/SMK dan KESETRAAAN PAKET A, PAKET B DAN PAKET C adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). 

Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 hingga sekarang.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Persyaratan UNBK SMP/MTs/SMA/MA/SMK/Kesetaraan Paket A,B dan C terbaru

Berikut ini adalah persyaratan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  antara lain:
1. Menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut:
  • Server : PC/Tower/Desktop (bukan laptop), Processor 4 core dan clock rate minimal 1.6 GHz (64 bit), RAM 8 GB, DDR 3, Harddisk 250 GB, Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7 /Linux Ubuntu 14.04, LAN CARD (NIC) 2 unit support GigaByte, UPS (tahan 15 menit), Jumlah server mengikuti rasio 1:40 (1 server maksimal untuk 40 client), Cadangan 1 server. 
  • Client : PC atau Laptop, Monitor minimal 12 inch, Processor minimal single core, RAM minimal 512 MB, Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/ LINUX / MAC / Chrome OS, Web Browser: Exambro versi terbaru, Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space), LAN Card dan Jumlah client mengikuti rasio 1:3 (1 client untuk 3 peserta)serta Cadangan minimal 10% dan Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)

2. Jaringan area lokal (Local Area Network - LAN) terdiri dari:
Switch 10/100/1000 Mbps dengan jumlah port sesuai dengan jumlah komputer pada setiap setiap server. Setiap server harus memiliki switch sendiri (tidak digabung dengan server lain).

Post a Comment

0 Comments