Update Jadwal UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Ingin tahu jadwal Ujian Nasional (UN/UNBK SMP/Mts/ SMA/SMK dll tahun pelajaran 2017/2018 silahkan bapak ibu dapat mengakses informasi resmi di halaman website https://ubk.kemdikbud.go.id/. Penulis berharap tentu bagi saja pada yang ingin meangakses informasi seputar seluruh informasi UN/UNBK tahun pelajaran 2017/2018, Dalam kesemoatan ini penulis hanya fokus pada pembahasan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.

Untuk melihat seluruh agenda kegiatan un sma, un smp/mts, un smk/ma dan tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan UNBK tahun pelajaran 2017/2018, mulai dari simulasi 1, simulasi 2, simulasi 3 (geladi bersih), jadwal UNBK utama, dan pengumuman hasil UN yang sudah kami rangkum dari sumber resmi dalam satu halaman https://ubk.kemdikbud.go.id/

Cek Peta Sebaran Sekolah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah informasi yang ditujukan untuk melihat sebaran sekolah yang menyelenggarakan UNBK di Indonesia. Untuk menuju laman ini dapat mengakses http://spasial.data.kemdikbud.go.id/unbk/

Kategori dalam Informasi Spasial Ujian Nasional di bagi menjadi 4, yaitu : 
  1. UNBK Kategori sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Untuk sekolah yang melaksanakan UNBK diharapkan dapat menjadi rujukan sekolah sekitarnya yang belum melaksanakan UNBK (optimalisasi UNBK). 
  2. Non UNBK Kategori untuk sekolah yang Belum melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, untuk itu Dinas Pendidikan setempat di harapkan dapat melakukan pemetaan sekolah untuk menggabungkan sekolah yang belum melaksanakan UNBK ke sekolah yang melaksanakan UNBK (sekolah rujukan).
  3. Bergabung Kategori untuk sekolah yang pada awalnya belum melaksanakan UNBK, dengan pertimbangan jarak dan kapasitas dapat melaksanakan UNBK ke sekolah yang rujukan. 
  4. Rekomendasi Kategori ini adalah sekolah yang di rekomendasikan melaksanakan untuk UNBK dikarenakan sudah memenuhi kualifikasi untuk melaksanakan UNBK. Untuk itu Dinas Pendidikan setempat memastikan kemungkinan sekolah tersebut untuk melaksanakan UNBK dan sebagai sekolah rujukan.

Management Pengelolaan Data dan Informasi 
1. Merubah status UNBK sekolah 
2. Kontrol Data dan Informasi UNBK 
3. Proses Penggambungan Sekolah Non UNBK ke Sekolah UNBK 
Proses merubah status sekolah dari Non UNBK ke sekolah UNBK, atau sebaliknya. Dilakukan oleh Admin Dinas Kab/Kota, dengan mekanisme approval/report Provinsi dan Pusat Proses Penggabungan sekolah dari Non UNBK ke sekolah UNBK. Dengan indicator jarak dan kecukupan Quota sekolah rujukan. Dilakukan oleh Admin Dinas Kab/Kota, dengan mekanisme approval/report Provinsi dan Pusat Setiap Kab/Kota, Provinsi dan Pusat memiliki admin yang terorganisir dan terintegrasi secara online (untuk memudahkan komunikasi) melalui http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ (sekaligus untuk mendapatkan login sebagai admin UN daerah masing-masing )

Tahapan pelaksanaan tersebut diikuti oleh seluruh jenjang pendidikan baik dari SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK sederajat. Adapun simulasi UNBK dilaksanakan dengan tujuan untuk memberi gambaran kepada siswa-siswi tentang prosedur mengerjakan soal UNBK serta bagaimana bentuk soal UNBK. Dengan adanya simulasi, diharapkan siswa-siswi mampu memahami bagaimana sistem pelaksanaan hingga bagaimana cara melaksanakan ujian berbasis komputer dengan baik dan benar

Selain itu, simulasi UNBK juga sangat penting dipahami oleh proktor dan teknisi beserta panitia penyelenggara UNBK dalam mengenal dan memahami proses UNBK, mulai dari tahap instalasi server, sinkronisasi, hingga upload jawaban siswa ke server pusat. Adanya tahapan simulasi ini diharapkan para proktor dan teknisi mampu menganalisa dan memecahkan problem selama proses UNBK berlangsung.

Jadwal UN/UNBK Tahun Pelajaran 2017/2018 jenjang SMP/MTs/SMA/MA/SMK


Untuk update informasi terkait dengan jadwal UN/UNBK anda dapat akses webite resmi Kemdikbud disini : https://ubk.kemdikbud.go.id/jadwal#content

Post a Comment

0 Comments