Cara Mengisi JJM Dapodikdasmen 2018.b dan Generate Ulang Prefill

Sistem pendataan Dapodik pada tahun pelajaran 2017/2018 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2018.b. Pembaruan pada versi 2018.b hadir dengan tampilan warna pada menu login dan registrasi yang lebih segar. Secara sistem, pembaruan versi 2018.b disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran baru ini. Aplikasi Dapodik versi 2018.b dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu didahului oleh proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.

Pembaruan yang paling menonjol adalah di relasional entitas  data  substansi pendidikan, dimana dikembangkan menu baru yaitu, menu Jadwal dan Ekstrakurikuler. Pembaruan yang lainnya ada pada menu sekolah, peserta didik, dan sarana.  Deskripsi pembaruan akan dijelaskan di bab  pembaruan aplikasi versi 2018.b. Menu Jadwal dan Ekstrakurikuler akan dijelaskan pada bab terpisah, agar pengguna mendapatkan penjelasan yang detail.

Penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b memiliki karakteristik tersendiri. Guna memudahkan pengguna di satuan pendidikan serta mendorong terkumpulnya data dengan kualitas baik, maka telah disusun alur penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen, seperti yang tampak pada halaman sebelumnya. Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b, petugas pendataan harus memastikan telah memiliki kode registrasi dan akun Petugas Pendataan yang akan digunakan dalam proses instalasi.   Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b saat ini tersedia dalam bentuk file  installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodikdasmen  Versi 2018.b, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:  
  • Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
  • Klik menu "Unduh" dan klik Installer Dapodikdasmen Versi 2018.b seperti di bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop.
Cara Mengisi JJM Daapodikdasmen 2018.b dan Generate Ulang Prefill
Generate prefill adalah  tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk file  .prf). Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.  Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah pengguna berhasil login menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.
Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate ulang prefill, baiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum generate ulang prefill.   Berikut ini beberapa ketentuan terkait Generate Ulang Prefill:  
  • Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server  agar dapat diregistrasikan di Aplikasi Dapodikdasmen  secara offline.
  • Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah. 
  • Masukkan  username,  password  yang lama dan kode registrasi sesuai di aplikasi Dapodik, Jika lupa username/password silakan hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk dilakukan reset ulang.
  • Untuk sekolah baru, hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk mengaktivasikan username dan password
  • Saat registrasi di aplikasi, isi username dan password sesuai pada saat unduh prefill. 
  • Registrasi awal masuk ke dalam aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus online/terhubung internet. 
  • Dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) dapat membantu melakukan generate prefill sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id 
  • Jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa (lama). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data) 
  • Kode registrasi, username dan password dapat di-reset oleh admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) jika diperlukan (terjadi pergantian petugas pendataan). Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut:  1)  Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ laman/unduh di address bar.  2)  Pilih menu Data Prefill. 3)  Pilih jenjang yang sesuai. 4)  Masukkan username, password, dan kode registrasi.
Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill adalah yang terdaftar terakhir dan tersimpan di server Pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, lakukan konfirmasi dengan operator Dapodik di dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK).  
Untuk lebih jelas dan lengkapnya penjelasan teknis Dapodik 2018.b silahkan unduh disini JUKNIS DAPODIKDASMEN 2018.b 

Adapun artikel dan link terkait dengan  pedoman pengisian JJM Dapodikdasmen 2018.b klik DISINI

Artikel panduan mengisi beban mengajar JJM Kurikulum 2013 dan KTSP Dapodikdasmen 2018.b klik DISINI


Post a Comment

0 Comments