Cara Kunci Absensi DHGTK dan Cetak SPTJM

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah  swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan. 

Akhir-akhir ini ops dibingungkan dengan cara atau teknik menguci daftar hadir GTK pada aplikasi DHGT, karena banyak yang mengatakan atau bertanya pada diri sendiri dan orang lain "Kok Tombol Kucian SPTJM DHGTK Tidak Muncul Ya" hehehehe.. "Absen Bulan Januari, Februari Belum DIKUNCI" pertayaan paling sering bagaimana cara mengunci atau memunculkan tombol kunci aplikasi DHGTK....???? Saran simak dan Baca dengan seksama prosesnya dibawah ini.
Cara Mengunci SPTJM DHGTK
Kuncian SPTJM DHGTK

Untuk dapat mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem. Mari kita simak sebagai berikut :

1. Login dengan userid kepala sekolah 
Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang  dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk: 

  • Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online 
  • Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah. 
  • Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi. 
  • Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK
  • Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK 
  • Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari

2. Login dengan userid operator dapodik 
Peran dan tanggung jawab dari petugas absen adalah sebagai berikut :

  • Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan
  • Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab 
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK  
  • Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK

Login DHGTK
Login Aplikasi DHGTK
Kedua userid tersebut diatas harus terupdate datanya secara langsung dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.) Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron. Dalam Aplikasi DHGTK terdapat tiga menu  utama  yaitu  (1).  Beranda;  (2). Kehadiran; (3). Keluar Aplikasi. 

Perhatikan cara entry daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan (DHGTK) silahkan kunjungi halaman http://223.27.144.195:2017 Pertama-tama Siapkan perangkat komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan. Hal ini diperlukan karena sistem aplikasi D.H.G.T.K hanya bisa dijalankan jika kondisinya perangkatnya terkoneksi dengan jaringan atau online. Langkah kedua yang harus dilakukan adalah silahkan kunjungi link dibawah ini untuk menampilkan bagian halaman aplikasi D.H.G.T.K. Anda dapat menggunakan berbagai browser sebagai media untuk membuka laman seperti chrome dan mozilla. Berikut ini adalah daftar link yang dapat diakses ketika satu link pada laman laman tersebut overload:

  1. Link Alternatif http://223.27.144.195:212
  2. Link Alternatif http://223.27.144.195:414
  3. Link Alternatif http://223.27.144.195:2017
  4. Link Alternatif http://223.27.144.195:7000
  5. Link Alternatif http://118.98.166.188/index.php
  6. Link Alternatif http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id

Langkah selanjutnya silahkan anda login aplikasi dengan menggunakan user dan pasword dapodik serta tidak lupa masukkan kode yang tertulis pada gambar yang tampil pada laman tersebut.  Atau jika anda sebagai kepala sekolah, silahkan anda login dengan menggunakan userid kepala sekolah yang sudah terdaftar di aplikasi dapodik.

Cara Mengunci dan Mencetak SPTJM 

  1. Mengunci Kehadiran bisa dilakukan perbulan atau pertriwulan.  
  2. Sub menu Cetak SPTJM  muncul ketika memilih Menu “Kehadiran” seperti padagambar di bawah ini . jika diklik (pilih) maka akan muncul Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)  
  3. Setelah muncul surat pernyataan maka kepala sekolah wajib menentukan  pilihan untuk mengunci daftar hadir pada bulan yang telah dilaksanakan/dilalui. Perhatikan gambar di bawah ini.
  4. Keterangan : Beri tanda centang  (√)  pada Kotak dialog saya setuju dan pada kunci daftar hadir. Jika itu dilakukan maka secara otomatis absen pada bulan tersebut sudah terkunci tidak bisa di isi kembali (diperbaiki). Kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat.  
  5. Jika sudah mengunci Daftar Hadir  maka jangan lupa Simpan dan kemudian refresh.  
  6. Setelah tersimpan maka silahkan Cetak SPTJM denga cara  mengklik CETAK FORMAT PDF  

Cara Mengunci dan Mencetak SPTJM
Mengunci dan Mencetak SPTJM
Penting untuk diketahui bersmama bahwa LOGIN OPERATOR/PETUGAS ABSEN SEKOLAH  Login Operator sekolah pada prinsipnya sama  dengan login Kepala sekolah, hanya yang  mebedakan pada  login Operator/Petugas Absen sekolah mengenai hak Akses “Pembuatan dan Pencetakan SPTJM” Pembuatan dan pencetakn SPTJM bisa tampil jika login oleh Userid Kepala sekolah, sedangkan Login Operator/Petugas Absensi tidak ditampilkan. Jadi jika bapak/ibu/saudara ingin mengunci SPTJM silahkan login menggunakan akun kepala sekolah masing-masing.

Jika Kepala Sekolah dan Guru belum memiliki akun DHGTK silahkan ikuti prosesi cara membuat akun PTK Kepala Sekolah dan guru untuk login DHGTK pada aplikasi Dapodikdamen dengan mengunjungi tautan aktif yaitu CARA MEMBUAT AKUN PTK KEPALA SEKOLAH DAN GURU UNTUK LOGIN DHGTK

Silahkan unduh dan baca penduan resmi DHGTK DISINI

Post a Comment

0 Comments